Selasa, 27 Agustus 2024

Pj. Bupati Pinrang Tegaskan Tidak Ada Imbalan Apapun Atau Iming-iming Seputar Wacana Mutasi dan Rotasi dilingkup Pemkab Pinrang

Pj. Bupati Pinrang Tegaskan Tidak Ada Imbalan Apapun Atau Iming-iming Seputar Wacana Mutasi dan Rotasi dilingkup Pemkab Pinrang


Pinrang,- ketikterkini.com - Meski belum ada pelaksanaan Mutasi atau Rotasi dilingkup jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang Sulawesi Selatan (Sulsel) namun beredarnya isu mengenai adanya dugaan suatu imbalan atau Iming-imingi untuk memperoleh jabatan tertentu itu adalah isu yang menyesatkan.

Hal ini ditegaskan Pj. Bupati Pinrang, H.Ahmadi Akil, S.E., MM, saat mengadakan rapat koordinasi dengan sejumlah wartawan dan LSM diruang rapat kerja kantor Bupati Pinrang, Senin 24/08-2024.

Pj. Bupati Ahmadi Akil mengatakan "bahwa salah satu tugas utama yang diembannya sebagai penjabat kepala daerah adalah memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar dan sukses juga tak kalah pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam proses pilkada ini," Kata Pj. Bupati Pinrang.

Lanjut ia menjelaskan "netralitas ASN adalah kunci dalam menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagaimana ASN harus memaksimalkan peran dan fungsinya dalam memastikan setiap layanan yang dapat diterima masyarakat dengan baik dan berkualitas," Jelasnya.

Terkait isu rotasi dan mutasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang, Pj. Bupati Ahmadi Akil dengan tegas menyatakan bahwa hingga saat ini, belum ada rotasi atau mutasi yang dilakukannya.

Adapun wacana mutasi yang akan dilaksanakan akan berjalan sesuai aturan "Segala keputusan terkait rotasi dan mutasi ASN akan sepenuhnya tunduk pada aturan dan regulasi yang berlaku. Kami memastikan bahwa semua proses dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada, dan saya tegaskan, tidak ada imbalan apapun terkait dengan proses rotasi dan mutasi ini,” Tegas Pj.Bupati Ahmadi Akil.

Pj. Bupati Ahmadi Akil juga menyampaikan kekhawatirannya terkait isu yang beredar mengenai adanya pihak yang mengatasnamakan dirinya untuk meminta imbalan pada proses rotasi dan mutasi.

Bahkan dalam rapat itu, Pj. Bupati Ahmadi Akil juga meminta insan pers dan LSM selaku mitra kerja pemerintah agar turut berperan aktif untuk mengawasi sekaligus melaporkan kepada pihak berwajib jika ditemukan adanya oknum calo yang melakukan praktik kolusi dan mengatasnamakan dirinya di lapangan.

”Peran aktif masyarakat, insan Pers dan LSM sangat penting dalam memastikan proses pemerintahan berjalan dengan baik dan transparan. Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Kabupaten Pinrang. Dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan agar pelaksanaan tugas saya dapat berjalan optimal,” Harapnya.

Olehnya itu, lanjut Bupati mengungkapkan "banyaknya pertanyaan terkait isu permintaan imbalan yang masuk di via WhatsApp saya itu sudah cukup mengganggu karena isu itu terus dipertanyakan kepada saya walaupun isu itu tidak benar (Hoax) dan hal ini perlu disampaikan melalui pemberitaan media agar isu negatif seperti ini dapat diwaspadai oleh semua pihak," Ujar Pj. Bupati.

Lanjut ia menjelaskan "sinergi harus kuat antara pemerintah, Insan Pers, dan LSM dalam upaya bersama untuk mewujudkan Pilkada yang sukses serta pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Pinrang," Jelasnya.

Merespon penyampaian Pj. Bupati Pinrang itu, Ketua LSM-FP2KP, Andi Agustang Tenri Tjoppo menyatakan dukungannya terhadap Pj. Bupati Pinrang Ahmadi Akil didalam melaksanakan segala bentuk program dan sistem pemerintahan yang ideal termasuk melakukan Mutasi dan Rotasi di jajaran lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Andi Agustang mengatakan "Saya sangat mendukung langkah Pj. Bupati didalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahannya untuk memajukan daerah Pinrang dari dari berbagai aspek termasuk melakukan Mutasi dan Rotasi di jajaran Pemkab Pinrang. Kalaupun ada isu hoax yang di hembuskan oleh segelintir oknum, itu tidak menutup kemungkinan ada pihak yang merasa panik karena takut kalah saat akan menghadapi pilkada Pinrang yang tidak lama lagi akan kita laksanakan secara umum sehingga, saya menduga munculnya isu adanya pemberian imbalan pada wacana mutasi ASN dan mengatasnamakan Pj. Bupati itu saya anggap sebagai pertanda panik dari pihak yang berharap menang Pilkada bila ada peran oknum ASN yang tidak berupaya netral," Ujar Andi Agustang Tenri Tjoppo, Ketua LSM-FP2KP.

Hadir dalam rapat koordinasi ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang A. Calo Kerrang, Inspektur Daerah H. M. Aswin, Kepala Dinas Kominfosandi A. Haswidy Rustam, Kepala Badan Kesbangpol Syahrir Pawittoi dan sejumlah aktivis daerah Pinrang lainnya*(Saleh).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 KETIK TERKINI | All Right Reserved