Senin, 08 Juli 2024

MPLS di SMP Negeri 1 Liliriaja Untuk Peserta Didik Baru

MPLS di SMP Negeri 1 Liliriaja Untuk Peserta Didik Baru

Soppeng, - Ketikterkini.com |  Hari pertama masuk Sekolah setelah libur panjang, SMP Negeri 1 Liliriaja lakukan pelaksanaan pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  untuk Peserta Didik Baru .Senin, 8 Juli 2024 di  lapangan Upacara.


Kegiatan tersebut  diikuti oleh seluruh siswa - siswi dan seluruh guru dan staf. Upacara bendera yang dilakukan pada saat itu penuh dengan rasa gembira dan semangat baru karena peserta didik baru memakai pakaian baru (baju, celana dan rok, kaos dan Sepatu, serta topi baru). Disamping itu juga ini merupakan awal tahun baru Islam 1446 H.



Jumlah Siswa yang ada di SMP Negeri 1 Liliriaja Kelas 7 = 105 orang (4 kelas), Kelas 8 = 111 orang (4 kelas), dan kelas 9 = 78 orang (3 kelas. Total = 294 orang (11 kelas).  Keadaan pendidik dan tenaga kependidikan: guru sebanyak 25 orang, staf sebanyak 4 orang. 

Dalam sambutan'nya Kepala SMP Negeri 1 Liliriaja (H. Sukarding K., S.Pd., M.Si.) mengatakan bahwa, sekolah ini termasuk sekolah penggerak angkatan ke-3 sudah memasuki tahun ke-2. Adapun program yang berjalan di sekolah ini adalah:

(1) Kegiatan Intrakurikuler: ada 11 mata pelajaran yang diajarkan di dalam kelas oleh guru mata pelajaran yang berbeda. Tujuan kegiatan intrakurikuler ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi kehidupan pada masa yang akan datang.

(2) Kegiatan Kokurikuler, yaitu melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk karya nyata. Mencintai budaya dan kearifan lokal serta menerapkan nilai-nilai Pencasila dalam kehidupan nyata. 

(3) Kegiatan Ekstrakurikuler, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan bakat, minat dan potensi peserta didik sehingga bisa berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi pilihan siswa di sekolah ini adalah: pramuka, PMR, drumband, KIR, futsal, tari, kaligrafi, dll. 


Dan Upacara diakhiri dengan membuka secara resmi pelaksanaan MPLS oleh Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan perkenalan kepada siswa baru. (**)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 KETIK TERKINI | All Right Reserved