Senin, 20 Mei 2024

Memasuki Wilayah Pengembaraan Spiritual Yang Mengasyikkan

Memasuki Wilayah Pengembaraan  Spiritual Yang Mengasyikkan


Ketikterkini.com | (Satu) Kesadaran, pemahaman dan pendalaman spiritual dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana. Pengalaman Pakmo misalnya yang pernah dituturkan secara gamblang sesungguhnya bisa dimulai dari pemahaman hingga kemudian jauh membawa kesadaran menelusuri dimensi spiritual tentang banyak hal yang dapat ditemukan mulai dari sendiri hingga orang lain, bahkan jagat raya hingga lingkungan yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Pakmo mengalami kesadaran spiritual justru ketika merasa ada gangguan dari pencernaan, hingga sulit membuang air besar. Ketika waktu membuang air besar sudah mengalami kemacetan sampai tiga hari, Pakmo mulai menyadari bahwa dirinya sungguh tidak berdaya terhadap  kekuasaan Tuhan yang mampu melakukan, menghentikan bahkan mematikan sama sekali kehidupan manusia secara lahir maupun bathin.

Lalu pemahaman Pakmo terhadap hal-hal yang bersifat lahiriyah semakin meyakinkan bahwa pada bagian yang lain itu ada sesuatu yang bersifat batiniah. Maka itu, pemahaman Pakmo terhadap segala yang tidak terjangkau oleh akal manusia, itulah yang bisa dia simpulkan dari apa yang dapat dikatakan masuk dalam wilayah spiritual.

Karena dalam pemahaman Pakmo, sesuatu yang tidak terjangkau oleh kemampuan akal pikiran manusia, itulah  yang dapat dipahami sebagai sesuatu yang bermakna spiritual.

Spiritual itu sendiri ternyata bersemayam di dalam hati sebagai pengendali rasa, pemantik getaran jiwa, atau pengungkit rasa sedih dan simpati yang tidak bisa dilihat wujud nyatanya kecuali dilakukan oleh yang bersangkutan.

Begitulah menurut Pakmo, pengalaman spiritual yang dia alami dalam bentuk yang paling sederhana, bermula dari masalah untuk membuang air besar yang macet. Sehingga dia pun sempat menyimpulkan bahwa sesungguhnya manusia yang paling merdeka sekalipun tidak sepenuh berdaulat atas dirinya sendiri. Toh, hanya ingin buang hajat saja bisa macet sampai berhari-hari hingga sadar bila hidup dan matinya manusia itu sepenuhnya ada pada kuasa Tuhan semata..

Jadi, untuk memasuki  wilayah spiritual yang sangat luas dan jauh serta tinggi jangkauan  jelajahnya, bisa saja dimulai dari suatu kesadaran, menyusul kemudian memasuki tahapan pemahaman hingga kemudian terus melakukan pendalaman yang acap disebut banyak orang semacam pengembaraan spiritual untuk menemukan hal-hal yang lebih spektakuler kegaibannya. Sebab hanya dengan begitu sensasi spiritual akan menjadi sangat indah.


Banten, 20 Mei 2024

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 KETIK TERKINI | All Right Reserved